Thursday, May 22, 2014

Tips Seputar Hunian Minimalis Nyaman

Pasangan muda ataupun mereka yang baru membangun rumah tangga pastinya ingin memiliki hunian yang indah. Tak terkecuali Anda mungkin, yang menginginkan hunian nyaman dan indah yang bisa melindungi keluarga dari panas maupun hujan. Belakangan ini, hunian tak sekedar nyaman tetapi juga enak dipandang. Itulah mengapa berbagai konsep rumah hadir untuk memenuhi imajinasi setiap orang akan hunian impian. Salah satunya adalah konsep rumah minimalis yang tengah digandrungi oleh masyarakat perkotaan.

Konsep rumah minimalis sendiri sebenarnya lebih menekankan kepada sistem penataan ruang yang dimanfaatkan secara cermat. Setiap benda ataupun furniture ditata agar terlihat menarik sekaligus muat dalam ruang yang tak begitu luas. Itulah mengapa ukuran tanah maupun luas bangunan pada konsep rumah satu ini sangat terbatas. Kebanyakan rumah jenis ini juga dibangun di daerah perkotaan yang memang minim dengan tanah kosong.

Untuk Anda yang tengah menimbang membuat rumah bergaya minimalis, ada baiknya memang mengetahui apa saja tips dibalik rumah indah ini. Berikut beberapa tips seputar rumah minimalis yang cukup menawan.

-    Perhatikan pencahayaan ruangan
Kebanyakan dari kita memang sering melupakan sistem pencahayaan serta sirkulasi udara ketika membangun rumah. Padahal jika ingin dicermati, sistem pencahayaan yang benar bisa menghemat biaya pengeluaran bulanan. Bayangkan saja berapa banyak uang yang Anda keluarkan untuk biaya listrik dan bisa Anda hemat dari awal pembangunan rumah? Tentunya tidak sedikit bukan. Sistem pencahayaan ini akan membantu rumah Anda tetap terlihat nyaman dan tidak sumpek ketika ditempati.

-    Pemilihan bahan tangga
Rumah minimalis memang tidak pernah terlihat rumit ataupun penuh ketika ditempati, inilah mengapa konsep minimalis lebih terkesan ringan untuk ditinggali. Bila Anda berniat membangun rumah dengan dua lantai, pastikan tangga yang dipilih terbuat dari bahan ringan. Sehingga ruangan tetap terlihat luas dan tidak terkesan penuh oleh penambahan tangga saja. Selain itu, jangan lupakan pula keselamatan untuk anggota keluarga dengan penambahan pegangan pada setiap sisinya.

-    Cat dinding yang tepat
Untuk konsep rumah satu ini, kebanyakan masyarakat masih bingung dengan pemilihan warna cat dinding yang sesuai. Sebenarnya, rumah minimalis sangat cocok dipadupadankan dengan dinding berwarna cerah. Hal ini akan memberikan kesan lebih luas dalam setiap ruangan yang Anda bangun. Jika Anda ingin menambahkan wallpaper, pastikan motif yang dipilih tidak berkesan berat. Contohnya saja konsep kotak-kotak ataupun garis-garis yang sangat tipis dan kecil. Ini akan membuat siapapun mudah jenuh ketika melihatnya.

Setiap desainer interior umumnya juga menyarankan agar tak memilih warna yang gelap yang berkesan sempit pada ruangan Anda. Alasan ini sangat pas memang untuk diterapkan pada rumah minimalis idaman Anda. Bila Anda tak mempunyai cukup dana untuk menyewa seorang arsitek, cobalah untuk mengikuti beberapa tips di atas agar hunian Anda tetap terlihat modern dan elegan.

No comments:

Post a Comment