Friday, May 23, 2014

Menata Ruang Tamu Minimalis Menjadi Indah

Anda pastinya sering menyaksikan tayangan televisi bertema arsitek rumah bukan? Bagaimana acara tersebut, cukup menginspirasi Anda untuk membuat hunian yang nyaman pula? Pastinya Anda pun memiliki ide yang tak terhingga untuk sedikit mencontek hunian indah khas para orang terkenal tersebut. Apalagi jika konsep yang ditawarkan cocok, seperti rumah minimalis, tradisional ataupun klasik. Semua konsep rumah ini tentunya memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing.

Untuk Anda yang tertarik dengan rumah minimalis, artikel ini akan membahas seputar hunian nyaman yang bisa dipakai pada lahan sempit. Konsep minimalis biasanya memang lebih dikenal oleh masyarakat perkotaan karena keterbatasan lahan yang tersedia. Mereka mau tak mau memutar otak untuk membangun rumah indah tetapi di lahan terbatas. Sistem penataan ruang serta efisiensi ruang yang ditawarkan oleh konsep ini mau tak mau menarik hati siapapun bukan?

Setiap ruangan di konsep rumah ini diusahakan untuk tetap terlihat luas dengan barang yang tertata rapi. Salah satu ruangan yang umumnya bisa menarik bagi orang lain adalah ruang tamu. Ruang tamu menjadi pintu pembuka atau penghubung antara si pemilik rumah dengan orang luar. Inilah mengapa rumah minimalis menawarkan ruang tamu yang tak begitu luas tetapi tetap terlihat indah. Tentunya ruangan yang tak begitu luas membuat masalah tersendiri bagi Anda yang hobi mengoleksi perabotan rumah tangga.

Langkah awal untuk mengatasi masalah ini sebenarnya adalah dengan menyingkirkan barang yang tak begitu dibutuhkan. Salah satunya adalah meja serta sofa ruang tamu yang tak terpakai sebaiknya dipindahkan ke gudang atau ruang penyimpanan. Hal ini agar tak membuat rumah minimalis Anda terlihat begitu sempit dan terkesan penuh. Ini tentunya juga membuat tampilan interior terlihat lebih indah dan nyaman untuk ditempati oleh setiap anggota keluarga.

Jangan lupa pula untuk menambahkan sedikit hiasan di ruang tamu Anda. Tapi satu hal yang perlu diingat, pillihlah hiasan yang tidak begitu banyak atau norak. Anda bisa menambahkan lukisan ataupun kaligrafi arab yang bisa dilihat atau dinikmati oleh para tamu. Selain itu, rumah minimalis juga bisa dilengkapi oleh pot bunga yang diletakkan di pojok ruang tamu. Bunga asli ataupun bunga plastik bisa semakin mempercantik tampilan ruang tamu yang terlihat polos.

Bila tak ingin terkesan terlalu berlebihan, Anda bisa menyederhanakannya dengan tambahan wallpaper yang tidak begitu ribet. Pilih motif yang tidak begitu ramai tetapi tetap mampu menambah keindahan ruangan. Hindari pula motif garis-garis ataupun bunga-bunga yang terlalu kecil sehingga membuat mata cepat jenuh. Jika diinginkan, Anda bisa mengganti motif wallpaper sesuai keinginan setiap waktu. Itupun bila Anda memiliki dana berlebih yang memungkinkan. Rumah minimalis pastinya tetap terlihat modern dan enak dipandang mata.

No comments:

Post a Comment