Tuesday, May 20, 2014

Desain rumah minimalis sederhana

Membangun rumah membutuhkan biaya yang relatif besar. Hal itulah yang sering menjadi halangan bagi kebanyakan orang untuk membangun rumah milik mereka sendiri. Walaupun judulnya rumah minimalis sederhana, jangan menyepelekan faktor kenyamanan dan penampilan yang indah. Desain rumah minimalis sederhana bisa dibuat senyaman dan semenarik mungkin serta dengan anggaran yang tidak terlalu besar. Anggaran yang sehemat mungkin akan memberi anda peluang untuk memanfaatkan sisa anggaran bagi kepentingan lain di rumah anda. Seperti misalnya untuk membeli furnitur bagi ruang tamu dan ruang keluarga, perlengkapan dapur, perabotan di kamar tidur, dan lain sebagainya.

Sebelum memutuskan mengenai desain rumah minimalis sederhana mana yang akan anda pilih, sebaiknya anda melakukan perhitungan terlebih dahulu terhadap berapa kira-kira total biaya yang anda perlukan untuk membangun sebuah rumah minimalis sederhana beserta perabotan, perlengkapan, dan peralatan lainnya yang anda butuhkan untuk mengisi rumah minimalis sederhana anda. Faktor perhitungan anggaran ini akan memudahkan anda dalam memilih desain, membuat denah, dan keperluan keuangan yang lainnya.

Walaupun rumah yang akan anda bangun adalah rumah minimalis sederhana, jangan menyepelekan pemenuhan kebutuhannya. Tetap prioritaskan kebutuhan rumah anda. Catat secara detail apa saja yang anda butuhkan untuk rumah minimalis anda. Apakah anda ingin tiga buah kamar tidur atau hanya dua kamar tidur saja? Berapa kebutuhan akan kamar mandi? Serta hal-hal lainnya yang anda butuhkan untuk tersedia di dalam rumah anda. Catat saja semuanya terlebih dahulu tanpa melakukan perhitungan biaya.

Membuat skala prioritas. Setelah anda selesai mencatat segala yang anda butuhkan dan inginkan bagi rumah anda, anggaran keuangan segera memainkan peranannya. Jika anggaran keuangan anda besar, maka tidak akan banyak masalah. Tapi jika anggaran keuangan anda terbatas, segera sesuaikan kebutuhan dengan kemampuan. Tetapkan apa yang menjadi prioritas dan lupakan hal-hal yang sekiranya tidak begitu penting.

Semoga pemikiran tentang desain dan pembangunan rumah minimalis sederhana ini bisa bermanfaat untuk anda. Dan semoga impian anda untuk bisa memiliki rumah minimalis sederhana yang indah dan nyaman bisa segera menjadi kenyataan. Amin.

No comments:

Post a Comment